اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ اِلَيْهِ وَنَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُوْرِ اَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ اَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَمَّا بَعْدُ :

فَيَا عِبَادَ اللهِ : اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.  قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ : يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

 

Banyak bentuk kebaikan yang dapat kita lakukan sebagai seorang muslim di dalam kehidupan sehari-hari. Dan perbuatan baik tersebut akan menjadi penolong kita saat yaumil akhir. Salah satu kebaikan yang menghantarkan seseorang masuk surga adalah membantu dengan ikhlas membersihkan atau memungut sampah. Namun, banyak orang menyepelekan perbuatan memungut sampah. Sampah terkadang dibuang di sembarang tempat yang menyebabkan makin buruknya pemandangan di lingkungan kita dan juga dapat menjadi sumber penyakit bagi kita yang kurang peduli terhadap dampak negatifnya.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Ada seorang laki-laki yang sedang berjalan, dia melihat sebuah ranting pohon yang melintang di tengah jalan. Lalu orang itu berkata, 'Demi Allah, akan aku singkirkan ranting pohon ini agar tidak mengganggu orang-orang Islam yang lewat. Maka, orang itu dimasukkan ke surga." (HR Imam Muslim).

Hadits di atas memberikan kekuatan kepada kita untuk tetap memiliki sikap peduli yang besar dengan kondisi kebersihan di sekitar lingkungan kita karena hal itu akan berkorelasi dengan tingkat keimanan seseorang. Sehingga apapun yang kita lakukan dan berdampak terhadap keselamatan semua orang tentunya akan memberikan energi positif kepada kita untuk terus berbuat baik dan peduli.

Kemudian, dari Abu Barzah RA, Aku berkata, "Wahai Nabi Allah, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang dapat kuambil manfaatnya. Sabda beliau, “Singkirkan gangguan itu dari jalan orang-orang Islam.” (HR Imam Muslim).

Hadis ini memberikan motivasi bahwa peduli terhadap sampah dengan cara memungut sampah dan mengolah sampah serta memanfaatkan sampah seoptimal mungkin dapat membuat seseorang masuk surga. Masuk surga karena perbuatan kecil, tapi dampaknya besar. Pada saat dihilangkannya halangan atau masalah tersebut maka banyak sekali yang mendapat keuntungan dan manfaatnya terhindar dari mudhorot yang mungkin terjadi.

 

 

MEMANFAATKAN SAMPAH

Kreativitas dalam memodifikasi sampah bisa mengurangi tumpukan sampah. Misalkan, sampah anorganik dijadikan kerajinan dan didaur ulang sehingga akan menjadi produk yang terbarukan dan bernilai bagi kita. Terutama terkait dengan masalah sampah plastik yang jumlahnya sangat banyak, bahkan sampah dari limbah plastik akan sulit untuk hancur dan berpotensi merusak ekosistem tanah.

 

Orang yang kreatif untuk memodifikasi sampah, sama artinya dia telah menahan sampah tadi sehingga tidak berdampak keburukan bagi orang lain. Begitu juga, dengan orang yang mendaur ulang sampah, dia telah menjadikan produk itu ke bentuk yang sama, tetapi tidak sampai menimbulkan kerusakan kepada orang lain. Inilah sikap yang patut kita contoh sebagai seorang muslim, pandai mengolah dan memanfaatkan barang bekas untuk dapat digunakan kembali dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya, sampah organik juga demikian, aroma tidak sedap keluar dari pembusukan sampah organik. Sementara itu kita bisa memproduksi pupuk ramah lingkungan. Indonesia termasuk negara agraris dalam bidang pertanian. Sampah organik jika diolah, banyak hikmahnya untuk para petani.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sampah organik dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk yang sangat ideal untuk kesuburan tumbuhan. Di bidang pertanian, pupuk organik tersebut sangat dibutuhkan karena terbukti tanaman lebih cepat tumbuh dan subur. Di samping itu, para petani tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membeli pupuk.

Sedangkan hasil pertanian yang menggunakan pupuk organik sudah pasti akan lebih alami terhindar dari penggunaan zat kimia yang tidal ramah alam yang tentunya akan berdampak terhadap kesehatan kita. Bahkan, kesuburan tanah ikut terjaga dan terhitung menjadi sedekah yang sangat berharga untuk ekosistem tanah yang hidup di dalamnya.

Pada faktanya, masih ada saudara-saudara kita yang membuang sampah sembarangan, bahkan sambil mengendarai kendaraan di jalan raya. Jika sampah botolan plastik air minum kemasan dibuang sambil berkendara, pengendara lain bisa tergelincir yang menyebabkan mudhorot bagi saudara kita yang lainnya.

Kalau sampah berupa kulit buah-buahan seperti kulit pisang yang dibuang, berpotensi membuat orang lain terpeleset dan menderita. Seandainya mereka tahu besarnya pahala mengolah sampah, maka mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan terbaik ini.

Marilah Saudaraku, kita entaskan ketidakpeduliaan kita terhadap sampah yang ada di sekitar kita dengan membangun sikap saling mengingatkan sesama. Bahwa sampah memiliki manfaat yang cukup besar untuk kehidupan manusia. Tinggal bagaimana cara kita mengoptimalkannya untuk kehidupan kita saat ini dan masa yang akan datang.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْـحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنِّى وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَاسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

 

Khutbah 2

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَلِيِّ الصَّالِحِيْنَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أنَّ نَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ ،

وَصَلَّى اللهُ عَلَيْهَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ.أمَّا بَعْدُ:

فاتَّقوا اللهَ عِبَادَ اللهِ وتمسَّكُوْا بِدِيْنِكُمْ، فَهُوَ عِصْمَةُ أَمْرِكُمْ، ثُمَّ اعْلَمُوْا  أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ، وَثَنَّى بِمَلَائِكَتِهِ الْمُسَبِّحةِ بِقُدْسِهِ، فَقَالَ تَعَالَى مُخْبِرًا وَآمِرًا: ﴿ إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ صَلُّواْ عَلَيْهِ وَسَلِّمُواْ تَسْلِيماً ﴾ [الأحزاب: 56[

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَا رَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي الْعَاْلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَاْلمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ، يَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ.اللَّهُمَّ انْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ الْمُسْلِمِيْنَ.اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْوَبَاْءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ. اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُوْنِ وَالْجُذَاْمِ  وَكُوْرُوْنَا وَسَيِّءِ الْأَسْقَاْمِ..اللَّهُمَ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا سَخَاءً رَخَاءً وَعَاْمَةَ بِلادِ الْمُسْلِمِيْنَ. اللَّهُمَّ دَبِّرْنَا فَإِنَّا لَا نُحْسِنُ التَّدْبِيْرَ، وَالْطُفْ بِنَا فِيْمَا جَرَتْ بِهِ الْمَقَادِيْرُ.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، فَاذْكُرُوا اللهَ  الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَعْمَلُوْنَ.  وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَأَقِمِ الصَّلَاْةَ

Share:
admin@ecomasjid.id